• Location
  • FB
  • Instagram
  • Youtube
fototron_header-min.png

Sejarah Universitas Prisma

Universitas Prisma merupakan perguruan tinggi yang didirikan dan diselenggarakan oleh Yayasan Prisma Indonesia. Yayasan Prisma Indonesia adalah bagian dari unsur masyarakat yang memiliki perhatian dan peran aktif dalam bidang pendidikan, saat ini menyelenggarakan proses belajar jenjang pendidikan tinggi dalam bentuk Universitas demi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di provinsi Sulawesi Utara.

Pendiri Yayasan Prisma Indonesia yakni Bapak DR. Johny Petsie Ratu, SE, MM merupakan bagian dari Yayasan Pioneer Manado yang telah berdiri sejak 40 tahun lalu bergerak dalam bidang pendidikan di tingkat SLTA Umum dan Kejuruan. Untuk mewujudkan dan mengembangkan bidang pendidikan tinggi, Yayasan Prisma Indonesia yang didirikan pada 10 Juli 2015 memfokuskan diri pada pendirian perguruan tinggi dengan nama Universitas Prisma.

 

Universitas Prisma sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) resmi didirikan pada tanggal 23 Desember 2016 dengan nomor SK Menristekdikti No. 530/KPT/I/2016. Penanda tanganan Pendirian Universistas Prisma dilakukan oleh presiden ke 5 Republik Indonesia Dr. (HC), Hj. Megawati Sukarnoputri di dampingi oleh wakil presiden ke 6 Republik Indonesia Jendral TNI Try Sutrisno, Menhan Ryamizard Ryacudu dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, S.E.

Universitas Prisma memiliki 2 (dua) Fakultas yaitu Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Hukum. Kedua fakultas ini menaungi 12 (dua belas) Program Studi yang terdiri dari Teknik sipil, Arsitektur, Sistem Informasi, Informatika, Agribisnis, Teknologi pangan, Teknik Geologi, Farmasi, Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Ilmu Hukum.

Sebagai salah satu lembaga Pendidikan tinggi swasta di Indonesia, Universitas Prisma menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa untuk meningkatkan mutu kehidupan serta martabat manusia yang berkarakter mulia berlandaskan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga dalam melaksanakan fungsinya Universitas Prisma menjunjung tinggi Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara.

Selaras dengan falsafah Pancasila dalam memperkuat jati diri dan karakter bangsa tersebut maka pendidikan di Universitas Prisma merupakan cara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia

untuk pembangunan karakter dalam menghasilkan manusia yang kreatif, inovatif, cerdas, disiplin dan memiliki etos kerja yang tinggi sehingga memiliki daya saing yang unggul secara nasional dan internasional.